Rabu, 13 April 2011

CHAKRA



MULADHARA CHAKRA

Ketika manusia sadar bahwa ada mahluk -mahluk yang susah untuk mencari makan sehinnga ia sering kelaparan dan sangat menderita karena kekurangan materi, jika sakit juga tidak punya uang untuk berobat, sudah bekerja dari pagi hingga malam namun penghasilannya sangat minim, dan juga ada fisiknya yang kurang sempurna bahkan berpenyakitan sehingga mereka kesusahan dan menderita karena nya, sementara ada yang kaya raya, tidak kelaparan, kalau makan mewah dan enak, sementara ada orang lain kalau makan kadang - kadang makanan sisa sehingga sangat kekurangan gizi, badannya pun jadi mudah sakit. Seorang yang kaya kalau puasa pun ketika sahur dan berbuka makanan nya selalu enak dan mewah, sementara mereka yang miskin kalau makan kadang tidak mengenyangkan bahkan makanannya juga sudah tidak layak untuk di makan. Jika kita
menyadari hal ini dengan penuh kebijakan maka kesadaran kita sudah ada di chakra ini.


SWADISTANA CHAKRA

Jika manusia sudah bisa menhormati semua kehidupan secara utuh, tidak menyakiti mahluk apa pun termasuk binatang, karena mereka juga punya rasa sakit serta menderita kalau kita ganggu, dan seluruh mahluk dapat menderita kalau kita sakiti, dan seluruh mahluk di ciptakan Tuhan dengan penuh rasa kasih, dan kita mengasihi mereka semua tanpa pamrih, berarti kesadaran kita sudah ada di chakra ini.


MANIPURA CHAKRA

Jika manusia sudah mengerti nama baik dan nama buruk hanya bersifat ilusif, banyak orang di puji oleh masyarakat, bukan karena sifat baiknya, tetapi karena ia pandai menyembunyikan kejahatannya, jika melakukan kejahatan ia mengaturnya sedemikian rupa supaya tidak ada orang lain yang tahu sehingga orang lain menganggap dia sangat baik. Sementara ada orang lain yang di hina-hina serta di anggap jahat, padahal tidak bersalah dan tidak melakukan kejahatan, mungkin hanya ia minoritas dalam perseteruan, atau karena fitnah lainnya. Dengan menyadari itu, serta menilai segala sesuatu dari segala sudut pandang juga secara bijaksana, berarti kita sudah memiliki kesadaran di chakra ini.


SOLAR PLEXUS CHAKRA

Ego selalu mendominasi manusia dalam bertindak, apa yang di sebut kebaikan kadang - kadang hanya untuk kepentingan pribadi. Kelompok pemuda selalu ingin paling tampan atau paling cantik dari pada teman - teman mereka. Ada yang senang jadi pahlawan, padahal hanya ingin di puji. Ada yang melakukan kebaikan hanya kepada orang - orang yang wajahnya cantik atau tampan saja, kalau ada orang yang wajahnya jelek ia tidak mau menolong. Kalau melakukan kebaikan harus mendapat balasan kebaikan pula bahkan berharap yang lebih dari itu.
Sifat - sifat pamrih sepert itu harus di hilangkan.
Seseorang yang memiliki kasih, bertindak dengan penuh keikhlasan, tanpa membeda-bedakan dan tanpa pamrih sedikitpun menunjukan bahwa orang itu sudah mempunyai kesadaran di chakra ini.


ANAHATA CHAKRA

Bila ada orang yang dalam melakukan sesuatu hanya karena ikhlas, dapat mencintai dan mengasihi seluruh seluruh mahluk tanpa syarat, bisa membersihkan hati nya dari sifat benci kepada siapa pun dan apa pun, sehingga bisa mengasihi seluruh mahluk apa pun tanpa syarat, orang seperti itu lah yang kesadaran di anahata chakra nya sudah berkembang dengan baik.


VISHUDI CHAKRA

Ada seseorang yang tampak berwibawa, ia
berbicara apa pun selalu di dengar orang dan kata - kata nya selalu di percaya orang, padahal apa yang di bicarakan penuh dengan kebohongan dan cuma menebak-nebak saja juga cuma hasil prasangka dia, namun orang begitu senang mendengarkannya. Sementara ada seorang pengemis, pakaiannya compang - camping, wajahnya pun lusuh dan jelek. Kata - kata yang keluar dari mulut pengemis itu penuh dengan kebenaran, namun karena ia hanya pengemis, apalagi mukanya lusuh dan tidak meyakinkan, jarang
ada orang mau mendengarkan pengemis itu, kalau ada pun langsung meninggalkan begitu saja tanpa pernah mempercayainya.
Ada dua sosok dewa yang sangat bersahabat, kedua-duanya turun ke bumi untuk memberikan kesadaran serta pencerahan dengan menjadi manusia di bumi. Dewa yang pertama selalu menunjukan mukzizat serta kelebihan - kelebihannya, orang yang mengikuti dan menjadi muridnya banyak sekali bahkan tak terhitung. Dewa yang kedua lahir sebagai manusia biasa, tanpa mukzizat, dan tidak memiliki kelebihan apa-apa. Ajaran kesadaran yang di sampaikan oleh kedua dewa ini sama. Tapi pengikut serta murid dari dewa kedua sangat sedikit dan bisa dihitung dengan jari.
Setelah di selidiki oleh pihak khayangan, ternyata murid dari dewa pertama yang jumlahnya sangat banyak niatnya sebagian besar hanya untuk
mendapatkan mukzizat dan berkah dari gurunya. Sedangkan dewa yang kedua tidak pernah memberikan berkah apa pun apalagi mukzizat yang memang ia tak punya karena sudah menjadi manusia biasa, namun ia selalu mengajarkan kalau mau berkah mintalah hanya kepada Tuhan, karena hanya DIA lah yang mampu memberi apa pun dan Maha Kuasa atas semuanya....,
ternyata murid - murid dari dewa kedua ini niatnya benar-benar tulus hanya untuk mencari kesadaran. Kesadaran dari murid - murid dewa kedua ini pun lebih berkwalitas karena niat awalnya yang berbeda.


AJNA CHAKRA

Seseorang yang menyadari, bahwa hukum sebab-akibat selalu mempengaruhi kehidupan manusia, baik disadari maupun tidak. Dan menyadari Tuhan itu benar - benar Maha Adil, karena nasib dan takdir manusia di ciptakan oleh dirinya sendiri
berdasarkan kamma dan dhamma kita dari kehidupan sebelumnya, seperti ada orang yang berusaha mati-matian untuk mewujudkan keinginannya namun selalu gagal, sedangkan ada orang lain yang keinginannya selalu mudah di wujudkan walaupun dengan usaha yang tidak begitu keras, di sebabkan kamma dan damma mereka berbeda. Dan kejadian itu selalu berulang dan berganti peran di setiap kehidupa. Lalu kita menjadi bijak karena nya,
serta kita tetap berkarya serta mengisi kehidupan ini dengan penuh manfaat, tidak peduli kita lahir
karena kamma atau pun karena dhamma, serta tidak mempersoalkan kamma orang, karena semua itu hanyalah permainan. dan kita menjadai bijak, berarti kesadaran di chakra ini sudah baik.



SAHASRARA CHAKRA

Jika seseorang sudah berserah diri sepenuhnya Kepada Tuhan dan membiarkan segala kehendaknya yang terjadi, serta tidak pernah mengeluh atas segala ketetapannya. Berarti kita sudah memiliki kesadaran di chakra ini.

Beberapa ayat agama yang mengajarkan berserah diri :

Doa ajaran Yesus -" Jadilah hanya atas kehendak MU saja yaa Tuhanku, bukan atas kehendakku
karena Engkau lah Yng Maha Mengetahui apa yang terbaik bagi seluruh mahluk MU"-.

Al Quran : - " Tidak akan menimpa kebaikan sedikit pun terhadap diri ku, melainkan apa yang hanya Tuhan tetapkan atas diri ku. Dan tidak akan menimpa satu keburukan pun kepada ku, melainkan apa yang Tuhan tetapkan kepada ku"-.
-" Hanya kepada Engkau lah kami menyembah, dan hanya kepada Enkau lah kami mohon pertolongan".-


CHAKRA

Chakra berarti roda, maksudnya adalah roda kehidupan yang selalu berputar dan tidak pernah berhenti serta memberikan gambaran terhadap kehidupan itu sendiri.
Posisi kita di roda itu kadang di samping,
di atas, kadang juga di bawah. Perputaran ritme kehidupan itu selalu terjadi, kadang kita mengalami
dukha, kadang mengal,ami sukha. Di kehidupan kinsekarang kaya, di kehidupan selanjutnya bisa miskin, malah bisa di satu kehidupan ini.Di kehidupan sekarang bersifat baik, di kehidupan berikutnya bisa bersifat jahat atau sebaliknya dan juga bisa terjadi dalam satu kehidupan. Di kehidupan sekarang wajah kita tampan/cantik, sehingga banyak yang jatuh cinta kepada kita, sementara di kehidupan selanjutnya wajah kita bisa
jelek sehingga tidak ada yang jatuh cinta terhadap diri kita, begitu pun sebaliknya. Di setiap kehidupan pula kita berganti-ganti kepercayaan serta agama tergantung tempat dimana kita lahir dan dibesarkan, pada satu kehidupan kita dapat beragama ini..., pada kehidupan lainnya kita dapat beragama itu..., semuanya tergantung tempat dimana kita lahir dan tumbuh.
Kejadian tersebut terus berulang dan hanya berganti peran tanpa pernah berhenti di setiap kehidupan. Itu lah roda kehidupan, itu lah chakra kehidupan.



Bacaan referensi :
http://en.wikipedia.org/wiki/kundalini
http://id.wikipedia.org/wiki/kamma
http://id.wikipedia.org/wiki/yoga
id.wikipedia.org/wiki/bhineka_tunggal_ika
http://www.padmajaya.com
http://www.tejasurya.com
http://pranaindonesia.wordpress.com
























V







Saved

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar